Pemasaran Jasa di Indonesia

Blog service marketing ini digunakan untuk perkuliahan Pemasaran Jasa yang saya ampu.   Selain untuk media pengajaran Pemasaran Jasa, blog ini juga digunakan sebagai media untuk menuangkan gagasan-gagasan tentang pemasaran jasa di Indonesia.

Saat ini industri yang bergerak di bidang jasa semakin berkembang pesat. Jasa di bidang teknologi informasi, perbankan, wisata dll sangat mengemuka. Penggunaan teknologi informasi yang mendukung pemasaran jasa akan semakin mendapatkan peran yang penting.

Sosialiasi perlindungan konsumen yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan, misalnya, mendapatkan respon yang luar biasa di jaringan internet. Dengan mengusung tema: Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen, sosialiasi dalam rangka Hari Konsumen Nasional 2013 ini mendapatkan sambutan positif. Terbukti, search engine semakin ramai dipenuhi oleh keywords: “Konsumen Cerdas Paham Perlindungan Konsumen”.

Pemasaran Jasa di Indonesia akan semakin baik, jika para pelaku bisnis menyadari akan pentingnya posisi konsumen sebagai pendorong. Orientasi para pemasar yang harus memberikan nilai yang terbaik kepada para konsumen akan semakin meningkatkan nilai para produsen jasa. Saat ini konsumen semakin cerdas, mereka akan memilah dan memilih produk-produk jasa yang bernilai paling tinggi untuk mereka beli.

Avatar of Nanang Suryadi

About Nanang Suryadi

Dosen Jurusan Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya, mengampu kelas: Manajemen Pemasaran,Perilaku Konsumen, Marketing Strategic Planning, Pemasaran Jasa, Marketing Communication, Perilaku Organisasi, dan E-Commerce.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

CAPTCHA Image

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title="" rel=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>